Pesona Pura Tirta Empul Yang Bikin Kamu Takjub

Pura Tirta Empul – Akhir pekan suntuk di rumah, yuk berkunjung ke wisata Tirta Empul yang unik ini. Objek wisata Bali menjadi dambaan para wisatawan. Mulai dari nuansa alam di  pantai, hutan lindung, air terjun, dan banyak lagi yang lainnya. Pulau Dewata adalah salah satu situs budaya yang tak kalah menarik dikunjungi, contohnya Pura Tirta Empul.

Jika kamu ingin berkunjung ke wisata ini dan tak mempunyai kendaraan motor yang anti mainstream untuk dibawa jalan-jalan. Yuk cobain sewa motor NMAX yang ada di Bali. Kamu bisa mengunjungi laman website CSR Bali Rental dijamin deh fast respon dan pelayanannya bagus.

Tirta Empul yang berada di kawasan Manukaya, Tampaksiring merupakan kuil kuno yang masih kokoh berdiri sejak tahun 926 Masehi. Pura hindu ini diklaim menjadi salah satu pura terbesar dan tersibuk di Indonesia.

Daya Tarik Pura Tirta Empul Bali

Konon katanya, Arsitektur dan relief yang ada di dalam Pura Tirta Empul telah didedikasikan khusus kepada Dewa Wisnu. Bisa kamu lihat dari penjelasan saya di bawah ini sebagai berikut.

Surganya Sumber Air Suci

Tirta Empul mempunyai makna tersendiri dalam bahasa Bali yang artinya makna sumber atau mata air suci. Tak mengherankan jika umat Hindu datang tiap pagi ke sini untuk melakukan ritual penyucian diri di kolam khusus yang ada di Pura Tirta.

Daya tarik Tirta Empul bisa kamu jumpa pada kolam yang punya sisi religiusnya.

Dibagi Tiga Bagian

Dulunya, Tirta Empul merupakan sumber mata air yang berasal dari aliran Sungai Pakerisan berdasarkan catatan sejarahnya pada zaman Dinasti Warmadewa pada abad ke-10 sampai ke-14.

Tirta Empul terdiri dari tiga bagian: Jaba Pura yang ada di depan, Jaba Tengah di sisi bagian tengah dan Jeroan. Jaba tengah yang paling sibuk dikunjungi dikarenakan adanya tempat pemandiaan terbuka atau kolam dan 30 pancuran. Umat Hindu sering melakukan ritual penyucian diri di Jaba Tengah.

Tips Mengendarai Motor Agar Aman, Nyaman dan Tidak Tersesat di Bali

Istana Tampak Siring

Bangunan Istana Tampak Siring telah dibangun khusus atas prakarasa Presiden Soekarna pada tahun 1950an. Bangunan ini berarsitektur khas Bali yang berdiri megah di area perbukitan dan sampai saat ini bangunan Istananya masih berdiri kokoh dan difungsikan sebagaimana mestinya.

Tempat ini sering dijamu untuk menjamu sejumlah tamu kenegaraan atau orang penting yang sedang berkunjung ke  Bali. Namun sayangnya, tidak semua tempat bebas dieksplorasi oleh para wisatawan, ada beberapa ruangan yang disegel dengan pemberian pembatas khusus.

Jam Buka Tirta Empul Bali

Jika kamu ingin berlibur ke tempat ini, tak perlu khawatir Pura Tirta Empul buka setiap hari. Harga tiket yang relatif terjangkau dikantong kamu, hanya dengan Rp. 30.000/orang kamu bisa mengelilingi kawasan Tirta Empul, tetapi sayangnya untuk berkunjung ke Istana Tampak Siring tidak dibuka untuk umum. Kamu hanya bisa memandanginya dari jauh.

Lokasi Tirta Empul Bali

Lokasi Tirta Empul tak jauh dari Kota Tampaksiring yang berada di Desa Manukayu. Kamu bisa tempuh jarak 30 menit dengan kendaraan sepeda motor dari wilayah Ubud Utara dan kamu bisa menggunakan jasa sewa motor NMAX di Bali CSR Bali Rental untuk memudahkan kamu mengelilingi wisata di kawasan Pura Tirta.

Liburan seru, pas di kantong saku, ayo coba jasa sewa  kutamotorrent.com. Sekian informasi dari saya mengenai liburan  di Bali, semoga bermanfaat bagi kamu yang berencana liburan ke Pura Tirta Embul.  

Detail Information

CSR Bali Rental
Alamat : Jl. Pura Merta Sari V No.33, Pemecutan Klod, Denpasar Barat Kota Denpasar, Bali 80119
Phone atau Wahtsapp : 0878-9929-1993

Google Map

Gemitir Garden Bali
PREVIOUS POST
Berkunjunglah ke Pantai Gunung Payung Bali yang Penuh dengan Ketenangan
NEXT POST